Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Jumat, 13 Februari 2009

OLAHRAGA MENYEHATKAN OTAK

Dari sebuah buku " Good Mood Fod " karangan Wied Harry Apriadji
Untuk anda yang males berolahraga sebaiknya di baca yaa!!!!!

Bisnis terdahsyat !!!


Orang yang males berolahraga akan lebih cepat pikun, ternyata ini bukan cuma olok-olok. Sejumlah riset yang dilakukan di Jepang dan Amerika membuktikan pernyataan tersebut. Penelitian dilakukan terhadap tikus-tikus percobaan di laboratorium maupun terhadap manusia.

Tim peneliti dari University of California memanfaatkan tikus-tikus percobaan yang telah diberi ransum tinggi lemak dan tinggi gula. Setelah beberapa waktu, tikus-tikus tersebut mengalami kemerosotan zat penghantar saraf otak. Kondisi ini membuat tikus mengalami kesulitan mengingat kembali lorong-lorong jalan yang pernah mereka lalui dibandingkan dengan tikus normal.Walaupun demikian, para ahli menemukan bukti bahwa kemerosotan zat penghantar zat syaraf ini ternyata dapat dikoreksi dengan melakukan kegiatan fifik. Setelah diolahragakan selama 2 bulan, kadar zat penghantar syaraf dalam otak tikus-tikus yang telah mengalami kemunduran daya ingat tadi dapat kembali normal.

Hasil penilitian ini dikuatkan dengan penilitian serupa yang dilakukan oleh tim dari Universitas Nihon Fukushi, Nagoya, Jepang.Relawan yang rajin jogging selama tiga kali per minggu memiliki kemampuan lebih baik dalam hal belajar dan daya ingat. Mereka menunjukan hasil lebih baik dalam tes membuat keputusan dan daya ingat dibandingkan relawan yang tidak jogging.
Relawan dipilih dari para pemuda yang tidak terbiasa melakukan jogging. Di awal riset mereka diminta menjawab soal-soal dan hasilnya rata-rata dapat menjawab 65 persen benar. Separuh di antara mereka kemudian diwajibkan melakukan jogging secara rutin selama tiga kali per minggu. sisanya tidak jogging. Setelah enam minggu, mereka diberi soal-soal lagi. Hasilnya 80 persen soal dapat di jawab dengan benar oleh kelompok jogging. Enam minggu berikutnya, mereka dapat menjawab benar 95 persen soal. Sementara kelompok yang tidak jogging hanya dapat menjawab 70 persen soal dengan benar.

Berapa lama sebaiknya berolahraga, agar dapat menggiatkan funsi otak ?? Tim peneliti dari University of Rudgers, New Brunswick, mendapatkan hasil bahwa jalan kaki 30 menit sama pengaruhnya terhadap fungsi otak dengan jalan kaki lebih lama. So, jalan kaki, jogging selama 30 menit ataupun olahraga tiga kali per minggu sudah sangat membantu agar kita terhindar dari penyakit mudah lupa....

5 komentar:

  1. Wah sungguh sangat bermanfaat..

    Olahraga itu mudah kok..

    Hanya dengan berjalan ke kampus dengan jalan kaki setiap pagi juga sudah olahraga kok..

    Salam Bocahbancar...

    BalasHapus
  2. hemmm... infonya menarik nih
    sayang nih... saya dah lama gak jalan2 ataupun jogging

    BalasHapus
  3. Om ada hubungannya ga antara besarnya perut(gendut) krn jarang olah raga dg tingkat kepikunan?

    BalasHapus
  4. to ina : wah lu na, ya nggalah. Jarak perut ama otakkan jauh...

    BalasHapus
  5. Terima kasih infonya :)

    BalasHapus